About Me

My photo
Asal: Kelecung City,Tegalmengkeb Square, Selemadeg Timur, Kab. Tabanan-Bali " Do the best and God will do the rest"

Saturday, March 1, 2008

Panduan Tepat belajar Internet untuk Orang Awam

Judul : Internet untuk Orang Awam

Penulis : Bagus Pratama

Penerbit : Maxicom, 2006

Tebal : viii + 173 halaman

Peresensi : I Nyoman Gede Wiryawan, siswa kelas XII P1

Melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, maka mau tidak mau kita harus mengikutinya kalau tidak mau tertinggal. Perkembangan iptek yang sangat pesat sebagai pruduk dari pemikiran kreatif manusia yang semakin berkembang, tentunya mambawa dampak yang sangat signifikan terhadap kehidupan kita sehari-hari. Tak terkecuali sistem pembelajaran dengan basis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication of Technology). Hal ini terlihat dari brkembangnya media pendukung pembelajaran yang semakin memudahkan siswa dalam mempelajari materi di kelas.

Salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran adalah akses informasi pendukung atau referensi-referensi tambahan yang kini semakin mudah intuk didapatkan berkat perkembangan Iptek khususnya Teknologi Informatika dalam hal ini Internet. Dengan internet, informasi yang diperoleh bersifat tak terbatas. Siapa saja boleh mengakses informasi yang dibutuhkan dengan bebas dan gratis tak terhalang oleh jarak, ruang dan waktu. Berbagai informasi tersedia di internet. Baik yang bersifat positif maupun negatif.

Seseorang yang hendak mencari informasi untuk tujuan riset dan karya tulis apabila tidak menemukan informasi yang dimaksud pada buku atau perpustakaan, maka alternatif utama adalah Cyber Space atau Internet. Internet sebuah kata yang mungkin sudah begitu akrab di telinga kita. Sepuluh tahun yang lalu masih banyak orang yang bertanya “apa itu Internet?

Internet memang sebuah fenomena. Internet dapat merubah kultur dan tatanan budaya suatu tempat. Internet mendorong kebebasan mendapatkan informasi. Tidak ada batasan dalam internet, informasi bersifat positif dan negatif hanya Anda saja yang menyaringnnya.

Namun yang menjadi masalah adalah sudahkah kita mampu berpetualang menjelajahi belantara informasi yang kita butuhkan tersebut di jagat Internet? Buku ini mengulas secara simple mengenai cara atau teknik memulai penjelajahan step by step. Bahkan bagi orang yang belum pernah membuka halaman web sekalipun akan dapat mencerna isi dari buku yang disusun dengan apik ini.

Buku yang ditulis oleh Bagus Pratama ini berisikan mulai dengan sejarah internet, menggunakan Web Browser, Menggunakan E-mail, Menggunakan Web Blog, Menggunakan Frienster, Forum Diskusi, Internet TV dan Radio, File Sharing, Tool-tool keamanan berinternet sampai dengan situs-situs Web populer pun dicantumkan dalam buku ini.***

No comments:

Who's The Visitor